Viral! Kesederhanaan Ayah Lesti Kejora Jemur Padi di Sawah, Bikin Ayem

Baru-baru ini beredar potret Endang Mulyana atau yang akrab disapa Ayah Kejora yang sedang menjemur padi sendiri. Kesederhanaan terpancar dari potret tersebut. 

Seperti yang diketahui bahwa Endang Mulyana adalah ayah dari pedangdut Lesti Kejora. Sekarang ini, siapa yang tak kenal nama Lesti Kejora? Pedangdut muda tanah air ini disebut sebagai penyanyi sukses. Kesuksesan putri dari Endang Mulyana atau yang akrab disapa Ayah 

Meskipun Endang punya putri yang sukses dan bergelimang harta, ia tetap mempertahankan gaya hidupnya yang lama. Diketahui Endang masih menjalani pekerjaan sebagai petani bahkan ia turun tangan sendiri mengolah hasil panen seperti menjemur padinya. 

Berikut ini sederet potret Endang Mulyana yang sedang menjemur padi yang diunggah di akun Instagram @ayah_kejora. 

1. Foto Ayah Kejora sedang Menjemur Padi

Foto Endang Mulyana, Ayah Lesti Kejora menjemur padi (Instagram/ayah_kejora)
Foto Endang Mulyana, Ayah Lesti Kejora menjemur padi (Instagram/ayah_kejora)

Edang  Mulyana tampak fokus menjemur padi. Dengan hanya mengenakan kaos putih sederhana dan celana pendek, ia menata padi-padi agar terkena sinar matahari seluruhnya. terlihat Endang menggunakan perkakas tradisional agar padinya kering merata. 

2. Ayah Lesti Kejora Layaknya Petani Lainnya

Foto Edang Mulyana (Instagram/ayah_kejora)
Foto Edang Mulyana (Instagram/ayah_kejora)

Padi-padi hasil panen, dijemur pada alas yang khusus digunakan untuk menjemur padi. Cara ini masih banyak dilakukan di desa-desa di indonesia. Dari alas pertama ke alas kedua dan seterusnya, Endang menyebar padinya secara merata. 

3. Ayah Lesti Kejora Sederhana Banget, Kan?

Foto Endang Mulyaha menjemur padi (Instagram/ayah_kejora)
Foto Endang Mulyaha menjemur padi (Instagram/ayah_kejora)

Menjemur padi seperti yang Endang lakukan bagian dari proses pengeringan untuk mengurangi kadar air sebelum padi digiling. Padi yang kering tidak akan terkena jamur atau bakteri. 

4. Kegigihan Endang Mulyana Ayah Lesti Kejora

Foto Ayah Kejora menjemur padi (Instagram/ayah_kejora)
Foto Ayah Kejora menjemur padi (Instagram/ayah_kejora)

Seperti yang terlihat, Ayah Kejora menjemur padi di sawah bekas panen. Di beberapa tempat, menjemur padi dilakukan di tanah lapang. tapi ada juga yang menjemur padi di sawah bekas panen yang tanahnya kering. kondisi lumpur yang sudah mengeras cocok untuk menjemur padi.

5. Foto Ayah Kejora Menjemur Padi dan Dibantu Beberapa Orang

Foto proses pengeringan padi (Instagram/ayah_kejora)
Foto proses pengeringan padi (Instagram/ayah_kejora)

Proses pengeringan padi dengan cara dijemur bukanlah proses yang mudah. Itulah sebabnya, butuh beberapa orang agar pengerjaannya lebih cepat. Seperti yang terlihat di foto ini, Ayah Kejora dibantu oleh beberapa orang agar semua padi hasil panen bisa semuanya kering. 

Nah, itulah protret sederhana yang Ayah Kejora menjemur padi hasil panen di sawah. Potret-potret tersebut tidak hanya memancarkan kesederhanaan, tapi juga gotong royong. Salut pada Ayah Kejora!