Rizky Billar Beri Teh Manis Dingin ke Baby L, Emang Boleh Bayi Minum Air Es?

Anak pertama Lesti Kejora dan Rizky Billar, Baby L alias Leslar Al-fatih Billar diberi air dingin dalam bentuk es teh, padahal ia belum menginjak usia 1 tahun. Boleh nggak sih bayi minum air es?

Momen Baby L diberi air es teh terlihat dalam potongan video saat sedang ngobrol dengan Titi Kamal, dan dibagikan lesti.alfatih12, dikutip suara.com, Rabu (2/11/2022).

Pemberian es teh ini dimulai ketika Titi Kamal yang sedang minum mendengar teriakan Baby L, dan langsung memberikan es teh manis yang ada di sampingnya yang masih utuh.

“Oh mau ini,” ujar Titi Kamal seraya memberikan es teh dingin ke arah Baby L.

Meski es teh manis nyaris tumpah karena tersenggol Baby L, tapi Billar langsung memberikan es teh manis kepada anak pertamanya itu.

Sementara itu mengutip Moms, meski air dingin memang nikmati ditenggak saat cuaca panas, tapi minuman dingin bisa menyakiti tenggorokan anak, dan berbagai masalah kesehatan.

Inilah sebabnya dokter cenderung merekomendasikan air suhu ruangan agar tubuh bisa menyerap air dengan cepat untuk mencegah dehidrasi.

Meski tidak ada bukti ilmiah air es dengan sakit tenggorokan, tapi air es bisa membuat mukosa pernapasan tersumbat.

Mukosa pernapasan adalah perisai yang melindungi lapisan tenggorokan dan jaringan mencegah infeksi. Saat lapisan ini tersumbat, tenggorokan bisa mudah terinfeksi, sehingga bakteri dan virus dengan mudah menempel di tenggorokan.

Selain itu air sedingin es juga bisa membekukan makanan dalam tubuh, sehingga menyebabkan makanan kaku saat masuk ke tubuh, hasilnya cenderung sulit buang air besar dengan norma.

Inilah sebanyak Dr. Mark Mattar menyarankan orangtua untuk cari tahu lebih dulu bagaimana anak merespon minuman dingin. Jika ada riwayat diare, sakit perut atau sembelit sebaiknya air dingin dihindari.

Selain energi anak yang sering mengonsumsi air dingin akan mudah habis. Meski awalnya ada perasaan lega, tapi tubuh akan mengeluarkan energi lebih untuk mengontrol suhu agar kembali normal.